REI Bangun 15 Ribu Rumah Bersubsidi di Sumbar Tahun 2013
PDF Print E-mail
Kamis, 21 Februari 2013 | Padang. Pengurus DPD Realestat Indonesia (REI) Sumatera Barat, menargetkan pembangunan rumah murah yang disubsidi oleh pemerintah sebanyak 15.000 unit pada tahun 2013. Target tahun ini mengalami peningkatan dari pada 2011-2012, yang hanya setiap tahunnya sebanyak 10.000 unit se-Sumbar.

 

Ketua DPD REI Sumbar Alkudri mengatakan, pembangunan rumah murah tersebut ada dua programnya,  pertama Rumah Sejahtera Tetap (RST) yang sudah berjalan sekitar 9.000 unit. Kedua, rumah untuk rakyat miskin yang saat ini lahannya sedang di persiapkan oleh pemerintah Kab/Kota untuk segera di bagun.

 

Sementara itu, terkait  tanah rumah untuk rakyat miskin, akan ditanggung oleh pemerintah kabupaten/kota,  yang artinya hanya bangun saja yang dibayar oleh masyarakat kurang mampu tersebut. Namun Menurut Al Kudri, program rumah murah untuk rakyat miskin ini adalah baru yang diluncurkan oleh pemerintah pusat. Ia mengatakan, setelah diperoleh lahan yang disediakan pemerintah daerah, maka akan dibangunkan fisik rumahnya dan tentu perlu dilengkapi data kebutuhan rakyat miskin. Sosialisasi untuk penyediaan lahan oleh pemerintah kabupaten dan kota, Menurut DPD REI ini sudah disampaikan sejak beberapa tahun lalu untuk lokasi pembangunan rumah murah tersebut.  Sementara itu, terkait harga rumah murah di Sumbar yang ditetapkan, Alkudri mengatakan sebesar Rp 88 juta untuk tipe 36, dengan uang mukanya senilai Rp8 juta/unit.

 

Untuk harga KPR, Menurutnya ditentukan oleh pihak BTN, karena REI hanya sebagai pihak yang membangunkan fisiknya saja. Kebutuhan rumah dari deplot secara nasional sekitar 13,6 juta sebanyak 129 ribu adalah untuk di wilayah Sumbar,  tapi REI baru mampu membangun 10 ribu unit/tahun. Namun Ia optimistis, untuk melakukan peningkatan 15.000 unit per tahun untuk ke depannya. (RNS)

 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download