New Year in South Korea
PDF Print E-mail
[Annyeong-haseyo.] Apa kabar.
 

Kalian yang berlangganan TV kabel pasti udah nggak asing lagi sama yang namanya Channel KBS World. Channel ini memang mendunia banget, nggak cuma ada di Asia tapi sampe ke belahan Eropa dan Amerika juga. Bahkan acara musiknya sendiri—KBS Music Bank—jadi tontonan wajib para penilik blantika music dunia. Nggak heran kalau channel yang satu ini nggak lepas andil untuk menyebarkan hallyu wave ke seluruh penjuru dunia.

KBS adalah salah satu dari 4 perusahaan tv terbesar di Korea, yaitu SBS, MBC, dan EBS yang lebih berkonsentrasi pada pendidikan. Dalam hangul, channel ini dinamai한국 방송 공사atau Han-guk Bangsong Gongsa dalam romanizenya. KBS merupakan perusahaan penyiaran publik milik Pemerintah Korea.

KBS awalnya didirikan oleh pemerintah Jepang di Korea pada 16 Februari 1927 dengan nama Kyeongseong Broadcasting Corporation (JODK) dengan hanya siaran radio. Sampai pada akhirnya JODK ganti nama jadi Seoul Central Broadcasting Station setelah radio ini berhasil mengudara di tahun 1961. Siaran televisi KBS sendiri mulai mengudara di tanggal 3 Maret 1961. Kalo perusahaan penyiaran pemerintah nggak menerima pendapatan dari iklan, lain lagi sama KBS. KBS mulai menerima pemasangan iklan sejak tahun 1980 dan tetap mendapatkan penghasilan dari iuran televisi yang dikucurkan pemerintahnya.

Siaran

TV:
•    KBS 1TV: isinya program berita, pendidikan, budaya, dan TANPA IKLAN
•    KBS 2TV: isinya lebih mengarah ke entertainment seperti drama, olahraga, music,  talkshow, dll. Cuma di channel ini yang ada iklannya, tapi tetep ajah masih banyakan iklannya TV Indonesia. ㅠ.ㅠ

TV satelit dan kabel:
•    KBS Prime: diluncurkan tahun 1996 dengan isi berupa drama dan kebudayaan.
•    KBS Drama: diluncurkan tahun 2002, dulu namanya KBS Sky Drama.
•    KBS N Sport: diluncurkan tahun 2002, dulu namanya KBS Sport/KBS Sky Sport. Kayaknya KBS Dream Team mejeng di sini juga… ㄱㄱㄱㄱ
•    KBS Joy: diluncurkan tahun 2006, isinya acara komedi, reality show, dan kuis. Hello Baby ngeksis di sini juga loch..
•    KBS World: diluncurkan 1 Juli 2003. Siaran ini bisa kalian nikmati dengan berlangganan TV kabel atau ngoprek-ngoprek frekuensi di Dekoder berteknologi MPEG4/HD seharga lebih dari 1,7 juta rupiah. Silakan liat jadwalnya di sini. Ada lagi KBS World i yang bisa dinikmati dengan cara streaming lewat internet. Sayangnya, siaran streaming ini nggak gratis. Kita harus bayar $6 untuk berlangganan sebulan, $32 untuk 6 bulan, dan $61 untuk setahun. Kalau mau berlangganan lewat KBS World i bisa klik gambar di bawah ini..

Radio:

•    Khusus yang bisa kita nikmati adalah KBS World Radio. Ini adalah radio streaming, jadi kita perlu koneksi internet. Jangan khawatir dengan masalah bahasa. Karena setiap pukul 18.00 wib adalah jamnya siaran berbahasa Indonesia, lihat di sini untuk jadwal siaran bahasa lain. DJnya merupakan gabungan dari orang asli Indonesia dan orang asli Korea yang saya lupa namanya karena udah lama nggak streaming, 애해해. Sumpah, DJnya lancar banget pake bahasa Indonesia, cuma logatnya ajah yang bikin beda, he2.
•    Di sini kita bisa dapat banyak hal tentang Korea. Mulai dari belajar bahasa Korea, siaran berita seputar korea, sampai tentang lifestyle Korea juga. Jadi jangan heran kalo suatu saat kalian mendengar siaran yang menceritakan Krisis Lobak dan Sawi Putih berasa kayak Krisis beras di Indonesia, atau berita yang melulu ceritanya tentang Korea Utara, dll.
•    Yang mau coba streaming, Yesul sarankan pake web browser Internet Explorer ya. Kalian tinggal klik icon bergambar headphone warna pink tua ajah, karena biasanya siaran berbahasa Indonesia ada di channel satu mulai pukul 18.00 wib. Atau kalian juga bisa pilih Siaran Bahasa Indonesia 24hr yang merupakan siaran ulang dari siaran sebelumnya. klik gambar di bawah ini. . .

Celebrating New Year’s Eve in South Korea
Desember adalah bulan dipenghujung tahun  yang merupakan tumpuan segala kenangan satu tahun terkahir dan juga berbagai harapan untuk tahun yang baru. Pasangan2 berkumpul bersama bernostalgia tentang momen2 yang telah berlalu dan tentunya merancang visi kedepan ditahun yang baru sementara yang lainnya berkumpul bersama teman dan bersuka cita dengan bertambahnya umur dan semakin tua namun tetap merayakan pergantian tahu dengan penuh suka cita bersama sama, atau ada juga  yang mendoakan kesehatan keluarga mereka disaat saat matahai baru muncul di ufuk timur. Musim akhir tahun di korea dipenuhi dengan energy bahagia. Pada around the world minggu ini kita akan share informasi special buat classy people yang sedang liburan di korea selatan mungkin, atau classy people yang berencana merayakan tahun baru di seoul…. …. …dimana, bagaimana, ngapain di seoul selama tahun baru, or to get the most of south korea at new year’s eve with your loved ones.

Romantic dates : Cafés and restaurants with a view

Cuaca yang dingin di bulan desember membuat banyak pasangan yang menghabiskan malam tahun baru di korea selatan lebih memilih untuk menghabiskan malam pergantian tahun di café yang menyajikan pemandangan yang menawan atau restoran2 romantis untuk bersantap malam. Di seoul, Sinsadong Garosu-gil Road, Samcheongdong Walkway di Jongno-gu, dan jalan jalan di Hongdae (Hongik University Street) di Seogyo-dong merupakan spot spot kafe terbaik yang sering dikunjungi pasangan2. Terdapat juga took took kecil yang menjual asesoris, fashion items, hingga barang2 interior dimana banyak pasangan yang dimabuk cinta dapat berbelanja dan membeli barang barang lucu untuk satu sama lainnya.

Salah satu ide terbaik untuk berkencan selama musim dingin adalah dengan mengunjungi sebuah observatory di sungai Hangang untuk menikmati keindahan malam kota seoul. Pendaran lampu lampu yang berasal dari jajaran mobil yang melintas sepanjang jembatan sungai ini menyajikan pemandangan breathtaking nan berpadu dengan keindahan kota yang spektakuler. Spot yang cukup terkenal diantara pasangan muda adalah Noeul Café dan Gureum Café di jembatan Dongjak dekat Banpo Hangang Park dan Café Rainbow di jembatan Hannamdaegyo. Kopi panas, cakes dan cookies, dan cemilan kecil tersedia di observatory cafés.

Selain itu ada juga lokasi indoor lainnya yang juga bias jadi pilihan untuk sebuah kencan yang romantic dengan pemandangan  malam yang mengagumkan yaitu the Walking di the Cloud sky lounge di 63 City dan the N Grill di N Seoul Tower di gunung Namsan.

Fun year-end parties: Streets of the young and the passionate in Gangnam, Hongdae, and Itaewon

Bulan desember juga sarat dengan pertemuan kembali dalam artian kata untuk berhubungan kembali dengan kenalan lama yang mungkin jarang bias bertemu karna sepanjang tahun yang sibuk. Mungkin bertemu kembali dengan kolega kerja yang sebelumnya tidak pernah punya kesempatan untuk berbicara atau mengenal lebih dekat, atau dengan teman dekat yang telah lama tak bersua dan telah melalui masa masa baik dan buruk bersama. Pesta akhir tahun yang menyenangkan ini biasanya berlanjut hingga larut malam.

Tempat yang terkenal untuk pesta pesta akhir tahun bias ditemukan di Gangnam, Hongdae, Sinchon, dan area Daehangno , dimana terdapat banyak bar dan restoran.disni anda bias menemukan bar yang menyajikan bird an fried chicken, restoran menyajikan soju dan samgyeopsal (pork belly meat), bar bar korea menyajikan makgeolli bersama kimchi dan tofu dishes dalam jumlah yang banyak, ada juga bar romantic dengan music jazz romantic dan cocktails. Beberapa klub dan karaoke di area ini juga mengisyaratkan pengunjungn untuk menghadiri pesta kedua atau pesta ketiga malam itu.

Itaewon juga akhir akhir ini muncul sebagai spot  bagi banyak pasangan muda yang tertarik dengan suasana unik dan berbagai sensasi kebudayaan. Sejumlah anak muda seoul biasa mengadakan pesta akhir tahun dan memesan kamar untuk lebih dari satu malam dan 2 hari jauh jauh hari sebelumnya diawal desember disekitar Seoul. Mereka bersenang senang sepanjang malam dan merencankan untuk dapat bertemu lagi ditahun baru berikutnya. Sungguh menyenangkan sekali, bukan.

Bell-striking event at Bosingak: Best New Year countdown event in Korea

Pada bulan desember, beragam acara dirayakan untuk menyambut tahun baru, tapi event yang paling terkenal adalah upacara dering bel di Bosingak di Jongno-gu, Seoul pada 31 December. Bosingak adalah sebuah menara bel yang di pasang  selama Dinasti Joseon (1392-1910). Selama dinasti ini, bel telah dibunyikan 2 x sehari untuk mengumumkan waktu dan menandakan pembukaan dan penutupan gerbang kota (Gerbang Sungnyemun, Gerbang Heunginjimun, Gerbang Sukjeongmun, dan Gerbang Donuimun). Sekarang, bel ini berbunyi 3 x setahun; pada 1 Maret dalam perayaan gerakan kemerdekaan korea, pada 15 August pada perayaan kemerdekaan Korea, dan juga pada malam tahun baru.

acara bel bordering ini menarik kerumunan orang dari seluruh seoul. Daerah sekitar Bosingak ditutup untuk lalu lintas dan hanya berisikan lautan kerumunan manusia. Dering bel didahului oleh berbagai event seperti pertunjukan ucapan selamat dari bintang bintang korea. Setelah itu sekluruh warga akan berpartisipasi dalam hitungan mundur tahun baru. Kemudia, begitu tahun baru dimulai selebriti, wakil rakyat, dan orang orang penting lainnya dari berbagai bidang membunyikan lonceng 33 x dalam merayakan tahun yang baik, lalu semua orang akan berteriak dengan penuh suka cita danpetasan kembang api diluncurkan ke langit dan menorehkan berbagai warna warni indah dilangit malam. Semua orang membuat keinginan berpelukan, berteriak dan bahkan menangis, kawasan ini benar benar dipenuhi oleh semangat yang menyegarkan untuk tahun yang baru.

Nah, jika udara dingin adalah masalahnya dan anda ingin menikmati acara dering bel ini dengan lebih nyaman, anda bias menemukan restoran dan coffee shop dekat Bosingak seperti Top Cloud di Menara Jongno lantai 33. Pastikan anda sudah memesan tempat terlbih dahulu, karna akan ada banyak kerumunan orang yang akan berlomba lomba untuk mendapatkan fasilitas ini.

New Year sunrise tour:

East Sea for the sunrise

Pada Hari Tahun Baru, matahari terbit pertama kali di Timur Laut di lepas pantai Korea.Sehingga, banyak acara Tahun Baru diselenggarakan di Pantai Timur untuk menikmati matahari terbit pertama di tahun yang baru. Adalah umum bagi warga Korea untuk melakukan perjalanan ke tempat-tempat matahari terbit yang terkenal di Seoul dan bagian daerah lainnya.

Seongsan Ilchulbong Peak adalah sebuah situs warisan dunia yang terdaftar di UNESCO yang berlokasi di pulau vulkanik jeju yang mempesona. Perayaan Seongsan Sunrise Festival menawarkan penduduk jeju dan turis berbagai even tradisional dan matahari terbit yang indah. Perayaan Jeongdongjin Sunrise Festival juga merupakan acara matahari terbit yang terkenal yang diadakan didekat tebing pantai yang indah yang dikelilingi oleh oleh pohon pinus dan laut. Saking terkenalnya, anda harus memesan tiket kereta beberapa bulan sebelumnya.

Festival matahari terbit Homigot di Pohang juga mengesankan, dengan matahari yang terbit di balik sebuah patung tangan besar di laut. festival matahari terbit Yeongdeok di Yeongdeok, yang terkenal dengan jalur jalan kaki Blue Road yang terkenal disepanjang laut timur, menarik pengunjung dengan laser performance-nya, kembang api, acara music, dan pasar makanan.

Musim dingin di Korea Selatan mungkin sangat dingin, tetapi sesungguhnya adalah waktu (dan satu-satunya) yang sempurna untuk bersenang-senang menikmati salju. Salah satu kegiatan musim dingin yang paling populer adalah ski, dan resor ski berlimpah di seluruh Korea Selatan. Bagi siapa saja yang udah gatel banget untuk berolahraga dan main ski di sejumlah lereng terbesar di dunia ini atau hanya untuk menikmati bermain salju, berbagai Organisasi Pariwisata Korea menawarkan paket wisata musim dingin setiap tahun selama periode Festival Ski & Salju.

Perjalanan Ski untuk Semua

Festival Ski & Salju adalah acara musim dingin, terdiri dari 14 tur kelompok untuk dua resor ski utama di Korea Selatan: Yongpyong Resort dan High1 Resort. Setiap tur berlangsung selama empat hari, dan sudah termasuk akomodasi, makan, pelajaran ski untuk semua tingkatan, kompetisi ski / snowboard, dan berbagai program pengalaman. Juga, akan ada pertunjukan tradisional dan banyak kesempatan untuk berfoto foto dengan latar belakang pemandangan yang indah musim dingin Korea.

Program Utama
Ada diskon khusus untuk anak-anak, pelajaran dan kompetisi ski / snowboard, makan malam dan pertunjukan, program Hallyu (Hanbok memakai, zona foto bintang Hallyu), souvenir dan hadiah, dll

[da-eumju leul chamjohasibsio.] See you next week.
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
pupupu