Sicincin-Malalak Baru Tuntas Akhir 2013
PDF Print E-mail
Rabu, 15 Agustus 2012 | Padang. Jalur alternatif Sicincin-Malalak, masih sangat rawan untuk dilalui. Bahkan jika saat hujan, jalanan di sepanjang rute yang dilalui tertutup kabut tebal, yang menutupi jarang padang. Belum lagi bahaya longsor, yang selalu mengintai para pengguna jalan.


Kepala Dinas Prasjaltarkim Sumbar, Suprapto mengatakan, bahwa jalan Sicincin-Malalak baru dapat digunakan 100% aman, pada akhir tahun 2013 mendatang. Menurutnya, saat ini masih ada 11 titik daerah, yang belum tuntas pembebasan lahannya. Hal inilah yang menjadi salah satu kendala, jalan ini masih tertunda penyelesaiannya, selain masih adanya daerah yang rawan longsor.


Suprapto juga menambahkan, bahwa saat ini masih banyak pembenahan yang terus dilakukan, terhadap jalur yang menjadi alternatif perjalanan dari arah Padang menuju Bukittinggi tersebut. Menurutnya, ada 10 jembatan yang masih rusak, dan 7 diantaranya saat ini dalam proses perbaikan. Sedangkan 3 jembatan lagi, baru akan dikerjakan tahun depan. Hal inilah yang menyebabkan, truck dan bus besar tidak dapat melalui jalur tersebut, karena untuk sementara jembatan yang sedang diperbaiki itu, harus menggunakan jembatan darurat. Pada tiap kendaraan melewati jembatan-jembatan darurat itu, potensi kemacetan panjang dapat terjadi, apalagi pada saat lebaran, dengan volume kendaraan yang padat.


Kepala Dinas Prasjaltarkim itu juga mengatakan, bahwa untuk menyelesaikan secara tuntas jalan Sicincin-Malalak, masih dibutuhkan anggaran biaya sekitar 30 miliar rupiah lagi.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download