Permohonan Kasasi Pihak HTT Ditolak
PDF Print E-mail
Kamis, 18 Oktober 2012 | Padang. Polemik pembongkaran gapura HTT mulai memperlihatkan titik temu. Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Padang kemarin siang (17/10), mengeluarkan surat penetapan yang menyatakan permohonan kasasi yang diajukan oleh Ferianto Gani selaku ketua HTT pada tanggal 10 Oktober tidak dapat diterima. Hal ini dikarenakan bahwa perkara ini objek gugatannya adalah masalah administrasi dimana gapura HTT tidak memiliki IMB.

Walikota Padang, Fauzi Bahar mengatakan bahwa permohonan kasasi ini tidak dikirimkan karena tidak memenuhi syarat. Selain itu putusan yang tidak diperbolehkan mengajukan kasasi adalah jika putusan tersebut hasilnya dibawah 1 tahun atau bersifat denda atau menyangkut masalah Perda. Untuk kasus gapura ini, HTT melanggar Perda dan status hukumnya tidak bisa diajukan kasasi karna menurut UU No.5 tahun 2004 Pasal 45 A jangkauan keputusannya hanya berlaku sebatas wilayah tersebut.

Walikota Padang dalam jumpa pers tadi sore menambahkan bahwa pihaknya pada hari senin (15/10) juga telah mengundang Ferianto Gani berserta Kapolres dan Dandim untuk bertemu dan menghasilkan surat pernyataan dimana dirinya siap meruntuhkan sendiri jika telah keluar keputusan dari Mahkamah Agung (MA). Dengan keluarnya surat penetapan dari PTUN Padang ini, ditambahkan Walikota bahwa tidak ada alasan lagi bagi HTT untuk tidak melaksanakan janji sesuai kesepakatan tersebut.

Walikota juga membantah bahwa persoalan ini tentang nama gapura, karena kalaupun tidak bernama tetap akan dibongkar karena menyalahi aturan. Untuk masa tenggang pembongkaran sendiri oleh HTT, Pemko berharap secepatnya terlaksana.(NHK)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
pupupu