REVISI UU PERLINDUNGAN SAKSI & KORBAN HARUS AKOMODIR PEMBENTUKAN LPSK DI DAERAH
PDF Print E-mail
Rabu, 26 Desember 2012 | Padang. Masuknya revisi Undang - Undang No 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban dalam daftar program legislasi nasional-prolegnas tahun 2013, memberikan angin segar bagi optimalisasi kinerja LPSK dalam memberikan perlindungan bagi pemohon di daerah.


Juru bicara LPSK Maharani Siti Shopia mengatakan, domisili kantor LPSK yang hanya ada di Jakarta saja, menjadi kendala tersendiri bagi LPSK dalam memenuhi permohonan perlindungan oleh masyarakat, khususnya yang berada di daerah atau Provinsi lain. Dijelaskan, saat ini kecenderungan asal daerah pemohon perlindungan mengalami pergeseran. Pemohon tidak lagi didominasi oleh masyarakat Jakarta, melainkan mulai bergeser ke Provinsi lain seperti Jawa Tengah. Selain itu, banyak permohonan yang diajukan melalui surat disbanding laporan langsung ke kantor LPSK.


Berdasar data tahun 2011 jumlah pemohon terbanyak berasal dari Jakarta dengan jumlah 64 kasus, sedangkan di tahun 2012, pemohon terbanyak dari Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah 133 kasus. Sementara itu, untuk pengajuan permohonan langsung ke kantor, selama 2012 sebanyak 217 orang, sedangkan melalui surat tercatat 287 orang.


Melihat kecenderungan dimaksud, LPSK berharap revisi Undang - Undang No 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban, dapat dilaksanakan di tahun 2013 mendatang, khususnya untuk klausa penguatan kelembagaan LPSK, seperti pembentukan LPSK di daerah.


Juru bicara LPSK Maharani Siti Shopia menambahkan, agar pembahasan revisi UU No 13 Tahun 2006 dapat terealisasi di tahun 2013, LPSK akan segera menyerahkan draft revisi dan naskah akademik berikut amanat Presiden kepada Komisi 3 DPR RI, paling lambat di awal tahun 2013.


Sementara itu, jumlah pasal yang akan direvisi sebanyak 17 pasal. Selain penguatan kelembagaan LPSK, pasal yang dianggap perlu direvisi diantaranya, definisi whistle blower dan justice collaborator, serta hak dan kewajiban mereka.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
pupupu