Jelang Akhir Tahun 2012, Harga dan Stock Sembako di Sumbar Aman
PDF Print E-mail
Kamis, 27 Desember 2012 | Padang. Harga kebutuhan pokok di Sumatera Barat sepanjang 2012 bergerak secara stabil. Untuk 2 komoditas utama seperti beras dan cabe, tidak mengalami lonjakan-lonjakan yang berarti. Untuk harga beras, sepanjang 2012 hanya bergerak di kisaran 9.000-11.000 rupiah, sedangkan untuk harga cabe sedikit mengalami pergerakan, mulai dari 20.000-25.000 rupiah.


Kepala Badan Ketahanan Pangan Prov.Sumbar, Effendi mengatakan, meski sepanjang tahun 2012 bergerak stabil, namun dalam kurun waktu dua bulan belakang hingga akhir Januari 2013, harga cabe di pasaran bergerak turun.
Menurutnya, hal ini disebabkan, karena adanya over produksi dibeberapa daerah pemasok cabe ke Sumbar, seperti Jambi dan Kerinci. Sedangkan untuk produksi cabe di Sumbar sendiri, masih tetap stabil antara kebutuhan dengan hasil panen.


Sementara itu, untuk stock kebutuhan pokok di Sumbar, Effendi mengatakan, masih akan terjaga. Bahkan untuk stock ikan, meski kondisi cuaca yang belakangan kurang baik, namun tidak akan mengalami kendala, karena tidak terjadi secara terus menerus.


Effendi juga menambahkan, dengan kondisi harga kebutuhan pokok yang stabil ini, maka akan membawa dampak yang baik untuk inflasi di Sumbar kedepannya. Bahkan Ia memprediksi, inflasi Sumbar yang lebih cenderung di pengaruhi harga kebutuhan pokok ini, akan bergerak turun dibawah inflasi Nasional.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
pupupu