Puncak Cuaca Ekstrem 2013 di Indonesia Bulan Januarai-Februari
PDF Print E-mail
Jum'at, 05 Januari 2013 | Padang. Puncak cuaca ekstrim di Indonesia, di perkirakan akan terjadi bulan Januari dan Februari mendatang. Bahkan BNPB akan mewaspadai cuaca ekstrim yang terjadi tahun 2013 ini khususnya curah hujan yang tinggi, hingga bulan Juni mendatang.


Kepala BNPB RI, Syamsul Ma'arif mengatakan, untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi, maka pihaknya melakukan kontijensi di setiap daerah, terkait kesiapan dan kerawanannya. Menurutnya, untuk Sumatera Barat sendiri sudah menyatakan siaap menghadapi cuaca ekstrem tersebut, mulai dari mempersiapkan bronjong dan jembatan darurat. Namun ia mengatakan, bahwa seluruh daerah akan menjadi prioritas perhatian dari BNPB.


Kepala BNPB RI ini juga menambahkan, untuk mengetahui kondisi di daerah, saat ini juga dibantu dengan kesiapan peta daerah bencana, yang saat ini sudah di miliki di setiap daerah. Menurutnya, peta tersebut berskala 1:250.000 hektar. Bahkan menurutnya, pada tahun ini peta tersebut akan di buat lebih detail lagi, yaitu berskala 1:50.000 hekatar.


Sementara itu, saat ini untuk menghadapi curah hujan yang tinggi di Indonesia, BNPB sudah menyiapkan anggaran 200 Miliar rupiah, yang akan mengakomodir seluruh kebutuhan di daerah.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download