Art of Leadership 2.0: Ir. Firdaus, MM – Direktur Operasional PT. Semen Padang

Rabu, 21 Agustus 2019 pada 01:43

Art of Leadership 2.0 selalu hadir setiap hari Kamis pagi, jam 07.00 WIB. Program ini spesial untuk memberikan motivasi, inspirasi, dan pembelajaran untuk semua lini, terutama generasi muda. Hari ini, 11 April 2019, Radio Classy 103,4 FM kedatangan tamu spesial dalam program ini, yaitu Direktur Operasional PT. Semen Padang – Ir. Firdaus, MM.

Firdaus Kewe sapaan akrabnya di lingkungan kerja,  lahir dan dibesarkan di Kota Bukittinggi. Ia merupakan alumni dari SMPN 1 Bukittinggi dan SMAN 1 Bukittinggi. Kemudian merantau untuk melanjutkan pendidikan S1 Teknik Fisika di Insttitut Teknologi Bandung dan menyelesaikan pada 1988. Ia berasal dari keluarga pedagang. Namun, jiwa pedagang tidak melekat pada dirinya dan lebih memilih memperdalam kemampuan dan minatnya dalam bidang akademik.

Ia merasa cocok bekerja di PT. Semen Padang semenjak mendapat kesempatan untuk kerja praktik di PT Semen Padang sewaktu masih menjadi mahasiswa. Kenyamanan lingkungan kerja yang diperolehnya mampu membuat beliau bertahan selama 30 tahun untuk mengabdi di PT. Semen Padang. Baginya untuk memperoleh kenyamanan dalam bekerja adalah selalu enjoy terhadap setiap proses yang ada dan konsisten dalam menjalankan apa yang sudah dimulai. Beliau memiliki prinsip bahwa setiap masalah yang ada pasti akan selesai pada waktunya. Berkat loyalitasnya, beliau dipercaya menjadi Ketua Serikat Pekerja.

Menurut beliau, seorang leader harus tampil terdepan dan yang paling dahulu memikirkan solusi dalam sebuah permasalahan. Posisi integritas seorang pemimpin ialah berjalan sesuai prosedur serta menjadikan diskusi sebagai hal penting untuk menentukan sebuah keputusan.

Sebagai bentuk loyalitasnya dalam membangun PT. Semen Padang, beliau terus belajar dan berpikiran positif terhadap perkembangan yang ada. Menurutnya, mengembangkan inovasi dan mengikuti perkembangan zaman adalah cara untuk mempertahankan keberadaan PT. Semen Padang hingga saat ini.

 

(rewriter: Dita Indira)

Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters