BBC Get Inspired 2019, Ajang Diskusi Anak Muda Inspirasional Tangani Isu Nasional

Senin, 25 Maret 2019 pada 02:36

BBC News Indonesia mengajak anak muda berbagi inspirasi lewat Get Inspired di Padang dan Malang.

Diskusi Get Inspired di Padang, Sumatra Barat pada Selasa 12 Februari 2019 melibatkan masing-masing sekitar 350 pelajar dan mahasiswa. Panel Get Inspired pada 2019 termasuk:

• Alffy Rev, musisi muda yang mengangkat lagu-lagu kebanggaan Indonesia keliling Nusantara dan dunia.

• Utari Octavianty, Aplikasi yang bantu menggenjot pendapatan nelayan di 17 provinsi Indonesia

• Hotlin Ompusunggu, dokter gigi yang berhasil menekan kerusakan hutan dengan membujuk para penebang liar menjadi penjaga hutan melalui insentif kesehatan.

• Iskandar Slameth and Ronald Regang, mantan tentara anak Ambon yang Melawan permusuhan dan mempertahankan perdamaian lewat seni.

• Bagas Suratman, mantan preman dan supir angkutan kota yang mengajak anak-anak jalanan dan pengangguran bertani dengan hasil yang dijual di pasar dan jaringan supermarket Jabodetabek.

Get Inspired diluncurkan pada 2006 dengan mengajak anak-anak muda yang berupaya membuat perubahan keliling universitas-universitas di seluruh Indonesia, melalui diskusi masalah-masalah sosial dengan penyelesaian inovatif.

Pembawa acara Get Inspired, BBC News Indonesia, Endang Nurdin mengatakan, para pelajar dan mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengan anak-anak muda inspirasional yang telah menunjukkan manfaat langkah yang mereka lakukan dalam menangani sejumlah isu sosial Indonesia.

Editor BBC News Indonesia, Rebecca Henschke, menambahkan, seri Get Inspired merupakan peluang penting untuk bertemu dengan audiens muda dan mendengar langsung berbagai gagasan mereka. Untuk seri tahun ini, tim BBC mengangkat sisi jurnalisme yang difokuskan pada penyelesaian masalah yang dilakukan oleh anak-anak muda pembawa perubahan.

Seri Get Inspired diproduksi bersama mitra BBC, Classy FM Padang dan Mas FM di Malang, stasiun radio yang menyiarkan BBC News Indonesia.

Reporter Kompas.com dan Tribunnews.com, mitra digital BBC, juga akan ikut dalam roadshow BBC.

“Berjejaring, berkolaborasi, dan berbagi pengetahuan, adalah awal yang baik untuk menjadi insan kreatif. Karena itulah, Kompas.com merasa perlu untuk menjadi bagian dari kolaborasi BBC Get Inspired," ujar Managing editor Kompas.com, Amir Sodikin.

Sementara itu, Direktur Tribunnews.com, Dahlan Dahi mengatakan bahwa dengan mendorong dan menyebarluaskan inspirasi, terlebih untuk generasi muda, merupakan ide yang bagus juga mulia. Kami senang, Tribunnews.com menjadi bagian dari gerakan ini.

Direktur operasional Classy, FM Padang mengatakan anak-anak muda di Sumatra Barat, salah satu daerah asal para entrepreneur besar di Indonesia, perlu diskusi seperti Get Inspired.

“Untuk menambahkan ide-ide baru dalam pengembangan potensi kelompok,” ujarnya.

Sementara Edward Setyadarma , General Manager MAS FM, Malang menyatakan, anak-anak muda, sebagai penerus bangsa, anak muda harus memiliki sikap yang peduli terhadap sekitarnya dan Get Inspired berperan penting dalam menanamkan pola pikir tersebut dengan menghadirkan langsung tokoh-tokoh muda lainnya dari berbagai daerah dan bidang, namun satu semangat dalam membangun Indonesia.

Konten BBC News Indonesia dapat disimak melalui situs bbc.com/indonesia serta melalui media sosial Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube. Program radio BBC News Indonesia dapat disimak melalui 64 stasiun radio FM.

 

 

Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters