Financial Planner: Manajemen Harta Kekayaan (Wealth Management)

Jumat, 06 Desember 2019 pada 02:34

Pada Program Morning Talk hari ini, Jumat 02 Februari 2018, Radio Classy FM Padang membahas tentang Manajemen Harta Kekayaan (Wealth Management) dalam Financial Planner: bersama Taufiq Amrullah.

Apa hubungan tata kelola harta kekayaan ini dengan Perencanaan keuangan? Financial Planning mengarah ke life style, budget, cashflow, saving, dan lainnya. Sedangkan wealth management ini terdapat pada financial planning dan juga meliputi kapital ink, garis manajemen, dan lain-lainnya.

Ada dua pendapat yang berkembang mengatakan bahwa tata kelola harta kekayaan merupakan kelanjutan dari perencaan keuangan. Ada juga yang mengatakan bahwa perencanaan keuangan merupakan bagian dari tata kelola harta kekayaan. Namun yang paling penting adalah bagaimana kita mulai sadar tentang keuangan sehingga bisa mengelola keuangan tersebut.  Menurut Taufik, semakin awal merencanakan keuangan akan semakin baik karena waktu menjadi komponen yang paling berpengaruh  dalam mengelola perencanaan keuangan dan tata kelola harta kekayaan.

Wealth Management ini ditopang oleh tiga pilar yaitu proteksi kekayaan dan reservasi. Hal ini lebih menekankan bagaimana kita melindungi apa yang kita miliki saat ini. Pilar kedua adalah pertumbuhan dan akumulasi kekayaan. Pilar ini paling banyak melayani produk yang ditawarkan. Dan pilar yang terakhir yaitu menditribusian kekayaan atau masa transisi.

 (rewrite : Wici Elvinda Rahmaddina)

Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters