Millenials: Literasi di Era Millenial

Kamis, 25 April 2024 pada 07:45

Classy People, dalam dua atau tiga tahun terakhir, istilah yang paling sering muncul dalam perbincangan tentang kebudayaan dan peradaban bangsa kita adalah ”literasi” dan ”generasi milenial”. Dua istilah itu menjadi harapan pembangunan bangsa yang konon minim budaya membaca atau rendah tingkat literasinya.

Istilah ”literasi” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia daring adalah kualitas atau kemampuan melek huruf (aksara) yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Pengertian literasi juga mencakup melek visual yaitu kemampuan mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual (video/gambar).

Membaca gak hanya melulu berurusan dengan teks, tulisan, dan kata-kata. Lebih luas lagi terutama adalah membaca seturut perkembangan teknologi. Tanda kemajuan zaman termutakhir yang paling dekat dalam kehidupan sehari-hari kita adalah penggunaan gawai. Dari kotak kecil ajaib itulah semua tersaji dan siap dinikmati.

Ketika kita tidak melek literasi teknologi maka akan sangat mudah diakali oleh pengelola teknologi canggih yang mewujud dalam gawai itu. Lebih repot lagi kalau mudah terpapar hal-hal yang tidak benar semacam hoaks. Ada juga kekhawatiran generasi milenial tidak bersemangat membaca tulisan apalagi menulis.

 

(rewrite : Wici Elvinda Rahmaddina)

Ads #1
Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters