Millenials: Tradisi Unik Millenials Ramadan di Berbagai Belahan Dunia

Kamis, 28 Maret 2024 pada 11:13

1.   Bukber (Indonesia)

2.   Tradisi Muqam (Tiongkok)

Di China, dikenal dengan Tradisi Muqam untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Biasanya, tradisi ini dilakukan di depan masjid Id Kah yang letaknya berada di perbatasan China dan Turki. Di depan masjid ini, akan ada kebun bunga dan plaza yang menjual makanan khas untuk berbuka puasa. Tradisi Muqam juga diselingi seni nyanyian dan tarian yang hits.

3.   Pria menghias diri dengan celak mata (India)

Biasanya ini dilakukan oleh pria-pria India. Mereka menghias mata mereka dengan kohl (sejenis celak mata) untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

4.   Erekspresi (Jerman)

Di Jerman yang dimana Islam bukanlah mayoritas, tetap ada tradisi yang menarik ketika bulan Ramadhan datang. Tradisi ini lebih ke arah menghormati bulan suci Ramadhan, dalam bentuk penolakan terhadap makanan, minuman, rokok, dan kontak seksual sejak matahari terbit hingga terbenam.

5.   Buka bersama (Sudan)

Sama dengan generasi muda Indonesia. Tradisi buka bersama adalah budaya yang paling tenar di sini. Mereka akan mengundang teman atau kerabat untuk datang ke rumah mereka dan saling bercengkerama dengan hangat.

6.   Qatar

Di Qatar habis buka puasa dan  Shalat Maghrib setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Ramadhan, berlangsung sebuah festival khusus anak yang bernama Garangaou. Di festival ini anak laki-laki akan tampil dengan baju arab hitam berompi merah bersulam emas. Dan anak perempuan akan berbalut pakaian tradisional berwarna cerah lengkap dengan ikat kepala atau hijab hitam transparan berhias benang emas. Mereka kemudian akan berpawai dan bernyanyi di sepanjang jalan sekaligus berkunjung ke rumah-rumah penduduk untuk meminta permen dan kue.

 

(rewrite : Wici Elvinda Rahmaddina)

Ads #1
Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters