Parenting Today: Menyikapi Kecemasan Orangtua yang Berlebihan

Kamis, 28 Maret 2024 pada 06:08

Classy People, apakah pernah menyaksikan orangtua yang langsung berteriak histeris ketika anaknya terjatuh saat bermain sepeda? Atau langsung melarang jika anaknya bermain tanah karena takut kotor? Atau langsung marah ketika anaknya telah pulang? Atau Anda termasuk yang bereaksi seperti itu? Tipe orangtua berbeda-beda berkenaan dengan reaksi terhadap kondisi yang mengancam anaknya. Kita bisa kategorikan menjadi tiga model yaitu orangtua yang cuek atau tenang-tenang saja, orangtua yang cemas tapi tidak menunjukkan reaksi terhadap anak, dan orangtua yang langsung berekasi terhadap kondisi yang menimpa anak. Bersama ibu Septi Mayang Sarry, kita akan membahas bagaimana cara menyikapi kecemasan orangtua yang berlebihan terhadap anak dalam Parenting Today hari ini, Selasa 07 Agustus 2018.

Anda harus tahu hal-hal apa saja yang bisa Anda kendalikan dan mana yang tidak. Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah untuk mengetahui hal-hal yang dapat Anda kontrol dan beberapa hal yang tidak bisa. Setiap orang tua jelas memiliki kecemasan yang sedikit berlebihan terhadap putra-putri mereka. Kecemasan yang tidak perlu atas fakta bahwa anak Anda jatuh sakit meskipun makanan dan nutrisi yang masuk dalam tubuhnya selalu sehat seharusnya tidak perlu menjadi beban hidup Anda. Kebijaksanaan adalah hal yang penting yang harus Anda miliki.

Selanjutnya, Anda harus bisa membedakan ketakutan dari fakta. Langkah berikutnya adalah mengetahui dari mana ketakutan Anda sebenarnya berasal. Anda nantinya akan benar-benar menyadari bahwa dalam beberapa kasus memang kekhawatiran yang terlalu berlebihan itu tak perlu.

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan adalah berhenti membandingkan anak Anda dengan anak lain. Kebanyakan orang tua melakukan kesalahan yang sangat besar dengan membanding-bandingkan. Ini dapat merusak pertumbuhan anak Anda. Sebagai orang tua sangat penting bahwa Anda menghargai anak Anda dan membuat dia menyadari kemampuannya.

 

 (rewrite : Wici Elvinda Rahmaddina)

Ads #1
Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters