Heart to Heart Komut Classy Corp: Ampri Satyawan, Sosok Ayah yang Penuh dengan Ide ‘Gila’

Senin, 24 Juni 2024 pada 03:19

PADANG, KLIKPOSITIF – Ampri Satyawan, itu lah nama yang diberikan kedua orang tua kepada lelaki kelahiran 21 September 1966 ini. Ia merupakan Komisaris Utama Classy Corporation (Radio Classy FM, Event Organizer Classy Production, dan Media online KLIKPOSITIF.COM dan KATASUMBAR.COM).

Nama Ampri Satyawan sendiri memiliki makna setia yang diberikan oleh kedua orang tua. “Ada makna setia dalam nama yang diberikan orang tua dan itu saya pegang sampai hari ini. Setia itu saya tunjukkan dengan melakukan segala pekerjaan yang saya lakukan di dalam hidup,” katanya dalam kegiatan deep talk heart to heart bersama Classy Corporation, Rabu, 28 September 2022.

Ia mengatakan, peran orang tua sangat penting dalam perjalanan hidupnya sampai hari ini. “Doa dan keberkahan yang saya dapat dari orang tua mempermudah saya dalam melakukan apapun dalam hidup ini, walaupun itu terlihat tak mungkin, namun berjalan dengan baik dalam kehidupan saya,” kenangnya.

Dalam acara yang dipandu oleh Andahayani itu, ia bertutur segala hal yang diberikan dan dipercayakan kepadanya dianggap sebuah amanah. “Sehingga semua pekerjaan itu berjalan baik dan bisa diselesaikan,” katanya yang dalam acara didampingi istri tercinta, Fitri Yeni.

Selama di Classy Corporation, Ampri menjabat sebagai Dir Keuangan & Pemasaran tahun 2000 s/d 2015, kemudian Komisaris tahun tahun 2015- 2018, dan Komisaris Utama dari 2018 sampai sekarang.

Ampri dalam kesehariannya di Classy Coprporation (Classy Corp) terkenal dengan idenya yang sangat out of the box dan kreatif. Ia berhasil menggerakkan anak muda menantang segala hal baru dan itu berhasil. Tak hanya sampai disana, selama di Classy Corp, ia juga dikenal sebagai tempat berbagi cerita bagi semua tim.

“Cerita tidak hanya urusan pekerjaan, namun juga urusan diluar itu, baik soal musik, keluarga, agama, keseharian, cara hidup, berinteraksi dengan sesama, dan lainnya. Jadi bagi kita di Classy Corp, Beliau itu sangat solutif,” kata Direktur SDM dan Keuangan Classy Corp, Febriyanti dalam video ‘kata Classier’ soal Ampri Satyawan.

Bagi Yanti, Ampri juga penyemangat dan motivator ulung dalam perusahaan yang sudah berumur 22 tahun ini. “Sebagai salah seorang founding father di Classy Corporation, tentunya Beliau juga jadi sosok ‘Ayah’ bagi kami di perusahaan,” paparnya.

Ampri Satyawan dimata Classy Corp dan perusahaan lain yang pernah dipegangnya memiliki satu sifat sama yang dilakukan kepada siapapun, yakni bersalaman dan mengucapkan salam saat pertama kali bertemu. “Kalau bertemu Beliau mengucapkan salam dan berjabat tangan adalah ciri khas Pak Ampri. Jika di tempat kita ada lima orang lainnya, maka mereka juga ikut disalamin, walaupun Beliau belum kenal dengan orang itu. Dan itu terjadi dimanapun kita bertemu Beliau, baik dalam lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kerja,” kata Edi Fachrizal, salah seorang rekan kerjanya di PT Semen Padang.

Kalimat Edi Fachrizal itu juga dibenarkan oleh Direktur Semen Padang Hospital (SPH), dr. Selfi Farisha, M. Kes dan Classier Suindra dari bagian Teknisi Radio. “Setiap bertemu Pak Ampri, hal yang tak pernah lupa itu bersalaman dan mengucapkan salam kepada kita. Dan itu terjadi sudah sejak lama, bukan hanya di saat ini saja,” tuturnya.

Dhani Yudiska, salah seorang marketing Classy Corporation mengaku, jika Ampri Satyawan sudah sampai di kantor, maka aura kantor terasa berbeda. “Ada semangat dan suasana yang hidup seketika Pak Ampri sampai di kantor. Kalau saya mengistilahkan dengan menggelegar jika Beliau sudah di kantor dan bercerita dengan kita,” paparnya.

Sementara itu, Komisari Classy Corp, Iskandar Z. Lubis berpendapat, Ampri Satyawan seorang yang sangat ramah dan pemberi atensi yang baik dalam pekerjaan. “Saat saya menjabat sebagai Direktur Operasional di Radio Classy FM dan Beliau Direktur Keuangan. Namun di saat bersamaan, Beliau mengerjakan pekerjaan saya dan saya mengerjakan pekerjaan Beliau. Ini karena faktor percaya bahwa saya bisa melakukannya, sehingga semuanya baik-baik saja,” jelasnya.

Lain cerita dengan Iskandar Z. Lubis, Direktur Operasional Classy Production, Fajar Rendra selalu diberi tantangan oleh Ampri Satyawan. “Tantangan itu tidak hanya satu, tapi banyak. Dan saya bisa menyelesaikan semua tantangan yang diberikan Pak Ampri. Salah satunya ditantang membuat komunitas musik country di Kota Padang. Pada saat itu kita juga berhasil mendatangkan penyanyi musik Country Tantowi Yahya ke Kota Padang sebanyak dua kali. Dan itu ide yang dikasih Pak Ampri untuk saya eksekusi,” katanya.

Sementara itu, bagi Nur Anita Rahmawati, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Ampri Satyawan merupakan sosok mentor yang sangat percaya dengan apa yang bisa dikerjakan oleh seseorang. “Ia menganggap kerja itu adalah amanah yang harus dikerjakan dengan baik, sehingga tidak terasa berat saat menjalaninya,” katanya.

Dalam kegiatan deep talk heart to heart itu, turut hadir Direktur Keuangan PT Semen Padang Oktoweri, Direktur Operasi, Indrieffouny Indra, Komisaris Classy Corp, Iskandar Z. Lubis, Romi Abdillah, dan Fifit Abriyanto, Direktur Utama Classy Production, Nur Anita Rahmawati, Direktur Utama KLIKPOSITIF.COM, Oktaveri, tim Yayasan Semen Padang, UPZ Semen Padang, Yayasan Igasar Semen Padang dan seluruh tim Classy Corporation.

Acara juga digelar secara hybrid dengan menghadirkan Classier yang ada di luar kota. Acara yang berlangsung penuh haru itu mengungkap semua pandangan orang-orang yang pernah berinteraksi dengan Ampri Satyawan selama belasan tahun, mulai dari keluarga, teman, rekan kerja dan lainnya. Acara juga dimeriahkan dengan pembagian doorprize oleh MC terbaik Classy Corp, Bimo Alfaro.

Per 1 Oktober 2022 nanti, Ampri akan memasuki masa purnabakti di Classy Corporation. Ampri Satyawan sendiri merupakan karyawan PT Semen Padang sejak tahun 1996. Selain sebagai karyawan di PT Semen Padang, pada tahun 2000, perusahaan semen pertama di Asia Tenggara itu mempercayakan Ampri Satyawan sebagai Direktur Keuangan di PT Radio Gema Karang Putih (PT RGKP) atau Classy Corp. Selain di Classy Corp, Ampri Satyawan juga pernah di tempatkan di Yayasan Semen Padang, UPZ Semen Padang, Yayasan Igasar Semen Padang.

Selamat menikmati masa purna jabatan Bapak. Selamat menikmati fase ketiga dalam hidup, yakni fase untuk diri sendiri. Semoga selalu sehat dan selalu diberkahi oleh Allah SWT dengan ide-ide ‘gila’ dan ditunggu program ‘Out of the boxnya’ di Radio Classy FM.

Writer: Fitria Marlina

Ads #1
Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters