KPID Sumbar Kembali Rekomendasikan Kelayakan Penyelenggaraan Penyiaran Radio Classy FM Padang

Kamis, 27 Januari 2022 pada 09:39

PT Radio Gema Karang Putih (PT RGKP) atau yang lebih dikenal dengan Radio Classy FM Padang kembali mendapatkan Rekomendasikan Kelayakan Penyelenggaraan Penyiaran (RKPP) dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Barat, Kamis, 22 Juli 2021.

Rekomendasi itu dikeluarkan setelah tim radio mempresentasikan program yang sedang berjalan di tahun 2021 hingga program yang akan dicapai dalam lima tahun kedepan.

Direktur Operasional, Freddy Risnandar mengatakan, tim radio mempresentasikan program selama satu setengah jam di hadapan tim KPID Sumbar.

"Kita mempresentasikan program yang lagi jalan dan kelanjutan program lima tahun kedepan karena izin penyiaran untuk lima tahun kedepan," katanya saat dihubungi di Padang, Senin, 26 Juli 2021.

Ia mengatakan, untuk lima tahun kedepan, radio akan fokus pada pemberitaan dan informasi serta dan kolaborasi dengan operating company (OpCo) seperti media online ( KLIKPOSITIF .COM dan KATASUMBAR.COM) dan event organizer (EO) Classy Production.

Freddy menuturkan, kedepan pihaknya akan melakukan perluasan pada konten digital seperti podcast dan lebih aktif dalam hal itu. "Selain itu, untuk penguatan di berita dan informasi dalam lima tahun kedepan, kita akan menambah persentase informasi dalam program sebanyak 20 persen dari 10 persen pada tahun ini," paparnya.

Kemudian ada beberapa program yang presentasenya dirubah untuk mencapai "goal" lima tahun kedepan. "Misalnya tahun ini inspirasi dan motivasi 21 persen akan menjadi 10 persen lima tahun mendatang. Kemudian program lainnya seperti pendidikan, budaya, dll," jelasnya.

Strategi inovasi juga dikembangkan oleh punggawa radio ini. "Hal ini terbukti dengan program radio yang sudah bisa didengarkan via streaming di playstore dan appstore. Selain itu, website dan podcast juga sudah kita siapkan sebagai alternatif lain bagi pendengar radio," paparnya.

Kolaborasi Internal dan Eksternal

Kolaborasi menjadi slaah satu kunci di era digital saat ini. Melihat peluang itu, Radio Classy FM juga memanfaatkan momen itu. "Kolaborasi dilakukan dalam dua hal, yakni internal dan eksternal perusahaan. Untuk internal kita berkolaborasi dengan OpCo lainnya di lingkungan Classy Corp. Sedangkan untuk eksternal, pihak kita berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait lainnya dan klien," jelasnya.

Secara terpisah, Radio Manager, Lia Priyanka menegaskan, pihaknya akan memperkuat kolaborasi antar OpCo, seperti berita di media online KLIKPOSITIF .COM dan KATASUMBAR.COM untuk bisa langsung naik atau live di radio. "Sehingga berita dan informasi yang kita bagi ke masyarakat benar-benar valid dari sumber yang jelas," tutur penyiar terbaik KPID tahun 2020 ini.

Sementara untuk kerjasama eksternal, Lia memaparkan bahwa pihaknya di radio akan menjalin kerjasama lebih banyak lagi dengan pihak-pihak terkait. "Selama ini kita juga telah menjalin hal baik dengan narasumber dari berbagi bidang, seperti BMKG, Dirlantas Polda Sumbar, dll. Sehingga informasi yang kita dapat benar-benar cepat dan terpecaya," jelasnya.

Selain kerjasama dengan berbagai pihak, SDM juga menjadi konsen dari pihak radio. "Kita ingin ada pemerataan di radio sehingga ada satu warna dengan kemampuan rata dan sama dengan rutin melakukan pelatihan dengan trainer internal dan eksternal," terangnya.

Radio Classy FM merupakan bagian dari Classy Corporation yang terdiri dari radio, media online dan event organizer. Radio ini beralamat di GSG Lt. II Semen Padang Indarung, Padang-Sumatera Barat, Indonesia dengan frekuensi 103.4 MHz.

Editor: Fitria Marlina

Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters