Pertama di Indonesia, Radio Classy FM Padang 'Siaran Langsung' dari Gerbong Kereta yang Sedang Berjalan

Selasa, 06 Desember 2022 pada 06:37

Radio Classy FM Padang laksanakan siaran langsung (on air) atau Live Outdoor Broadcasting (LOB) di gerbong kereta api khusus non lipat pertama di Indonesia. LOB dilaksanakan di di gerbong kereta yang sedang berjalan rute Padang - Pariaman, Sabtu, 20 November 2021.

LOB ini sangat istimewa karena juga menghadirkan narasumber yang sangat istimewa, yakni Wakil Gubernur Sumatera Barat - Audy Joinaldy, Walikota Pariaman - Genius Umar dan Kepala KAI Divre 2 Sumatera Barat - Miming Kuncoro. Acara yang dipandu oleh Dita Indira ini menghadirkan "studio gerbong berjalan" dalam perjalanan dari Padang ke Pariaman.

Kepala KAI Divre 2 Sumatera Barat, Miming Kuncoro mengatakan launching bagasi sepeda PT KAI Divisi Regional 2 Sumatera Barat, uji cobanya dilakukan dari Awal November yang dilengkapi dengan SOP gawat darurat bagi sepeda dan penumpang.

"Antusias masyarakat di luar prediksi kita. Justru Ramainya di saat hari kerja, bukan di akhir pekan. Dan kita berharap ini jadi gaya hidup sehat masyarakat dalam beraktivitas," katanya.

Ia mengatakan, layanan ini masih di layani di tiga stasiun, yakni Padang (Simpang Haru), Pariaman dan Nareh dengan total ada 8 kali perjalanan dengan KAI Sibinuang.

"Untuk keberangkatan paling ramai terjadi di pukul 09.00 Wib. Sedangkan untuk tarif dan pemesanan hanya bisa di akses melalui KAI Acces, dengan harga tiket Rp5000,-. Fasilitas yang didapatkan yakni kursi duduk penumpang dan blok untuk sepeda . Saat ini, baru 12 blok sepeda yang kita disediakan," terangnya.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy yang ikut menikmati studio berjalan Classy FM mengatakan, inovasi yang dilakukan KAI Divre 2 Sumbar ini sangat luar biasa.

"Ini pertama di Indonesia. Ini inovasi luar biasa dan sebelumnya saya tak bisa membayangkan akan naik kereta dan bawa sepeda untuk keliling Sumbar. Dan inovasi ini tentunya memberi dua keuntungan, yakni membantu mobilitas dan perkembangan ekonomi masyarakat," tuturnya.

Audy menuturkan dengan fasilitas sudah ada, ia mengusulkan melakukan integrasi dengan asosiasi wisata sehingga kebermanfaatannya juga lebih luas lagi untuk wisata dan perkembangan ekonomi karena punya infrastruktur yang bagus.

"Saya berharap inovasi ini memberikan manfaat yang lebih banyak kepada masyarakat. Jangan lupa beritahu informasi ini dan promosikan kepada masyarakat luas melalui media sosial, terutama untuk anak muda dan kaum millenial," harapnya.

Senada dengan hal itu, Walikota Pariaman , Genius Umar sangat menyambut baik inovasi dari PT KAI 2 Divre Sumbar ini.

"Jumlah kunjungan yang besar ke Pariaman sangat bagus dengan hadirnya inovasi dari KAI Divre 2 Sumbar. Ini menarik dalam mengembangkan sport tourism di Pariaman . Orang bisa menikmati Pariaman dengan sepeda dan juga berkeliling kota ini dengan sepeda . Kita menyediakan track sepeda di pinggir pantai dan sungai dengan konsep water proof city sehingga sumber daya yang berhadapan dengan air kita berdayakan, baik sungai, laut dan telaga," katanya.

Genius menjelaskan, inovasi kereta api lokal pertama di Indonesia ini tentunya sangat baik bagi Pariaman dalam mengembangkan pariwisata ini, khususnya sport tourism dan pariwisata terpadu di Pariaman lainnya dalam memastikan wisatawan aman.

"Kita punya pantai, sungai, dan sawah. Ini menambah motivasi mengembangkan wisata di Pariaman ," jelasnya.

Dalam LOB yang berlangsung di rute Padang - Pariaman ini, tak sedikit penumpang yang antusias menyaksikan hal itu.

Ads #1
Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters