PT Semen Padang Anugerahi TPM Award untuk 6 SGA

Selasa, 06 Desember 2022 pada 08:39

PADANG (9/9/2022) - PT Semen Padang menggelar anugerah TPM Award Quarter 2 tahun 2022, Jumat (9/9/2022). Pada ajang yang rutin digelar per quartal setiap tahunnya sejak 2020 lalu itu, 6 Small Group Activity (SGA) meraih penghargaan terbaik.

Bertempat di kantor PGOH (ex kantor proyek Indarung VI), penghargaan untuk SGA yang berada di lingkungan PT Semen Padang itu, diserahkan bersamaan dengan Genba Gembutsu yang digelar di Pabrik Indarung IV, dan turut dihadiri Direktur Operasi PT Semen Padang Indrieffouny Indra.

Selain itu, juga hadir Kepala Departemen Pemeliharaan Pabrik Muhammad Syafitri, Kepala Departemen Produksi Semen Abdul Hakim Lubis, Kepala Departemen Perencanaan & Pengendalian Produksi Juke Ismara, serta Senior Total Productive Maintenance (TPM) Zulkarnaen.

Direktur Operasi PT Semen Padang Indrieffouny Indra mengucapkan selamat kepada semua SGA yang ada, baik kepada leader maupun anggota SGA yang berhasil meraih penghargaan TPM Award Quartal 2 tahun 2022.

Direktur Operasi PT Semen Padang Indrieffouny Indra mengucapkan selamat kepada pemenang.

"Dari 72 SGA yang ada, 6 SGA berhasil menjadi yang terbaik. Semoga ini menjadi motivasi buat semuanya," kata Indrieffouny usai menyerahkan penghargaan kepada pemenang TPM Award Quartal 2 Tahun 2022.

Ia pun menyebut bahwa Awarding atau ajang penghargaan TPM yang diselenggarakan setiap quartal pertahun ini di selenggarakan dengan tujuan adanya keseimbangan antara Reward & Punishment dalam Implementasi TPM.

Untuk itu, Indrieffouny menegaskan kepada insan perusahaan, bahwa implementasi TPM bukan lagi dianggap sebagai pekerjaan atau tugas dengan nomor sekian, tetapi adalah tugas pokok yang sama pentingnya dengan tugas pokok mencapai target produksi.

"Jadi jelas, bahwa manajemen dan perusahaan sangat konsen dalam implementasi TPM ini. Karena, implementasi TPM merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan kita saat ini. Sehingga, implementasi TPM menjadi KPI Coorporate PT Semen Padang," ujarnya.

Senior Total Productive Maintenance (TPM) Zulkarnaen merinci, 6 SGA terbaik pada TPM Award Quartal 2 tahun 2022
terdiri dari Rawmill Transport, Water Plant, Quality Control Indarung VI, Dus Transport Kiln Feed & Kiln Indarung VI, Rawmill Building Indarung VI, dan Dus Transport Kiln Feed & Kiln Indarung V.

"Selain 6 SGA, pada TPM Award Quartal 2 ini, kami pun juga memberikan penghargaan kepada leader SGA terbaik, anggota SGA organik terbaik dan non organik teraktif," kata Zulkarnaen.

Pada ajang anugerah TPM Award ini, kata Zulkarnaen melanjutkan, manajemen juga memberikan reward berupa uang tunai kepada SGA, leader, anggota organik dan non organik. "Total reward yang kami berikan sebesar Rp24,3 juta," ujarnya.

Zulkarnaen membeberkan indikator penilian SGA termasuk leader dan anggota SGA organik maupun non organik. Untuk SGA, ditentukan melalui implementasi TPM berdasarkan kondisi aktual area SGA, standirisasi 5P (Pemilahan, Penataan, Pembersihan, Pemantapan dan Pembiasaan) di lingkungan SGA, dan standirisasi CILT untuk peralatan serta implementasi Pilar SHE di area SGA tersebut.

Kemudian untuk penilaian leader SGA, berdasarkan keaktifan genba, kepedulian, leadership & kemandirian genba. Sedangkan untuk anggota SGA organik berdasarkan kepedulian dan kemandirian genba. "Begitu juga dengan anggota SGA non organik teraktif, penilaiannya kami lakukan berdasarkan keaktifan dan kepedulian genba," bebernya. (*)

Ads #1
Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters