PT Semen Padang Raih 2 Penghargaan Bergengsi Indonesia SDGs Award 2022

Jumat, 29 Maret 2024 pada 04:47

Jakarta - Pelaksanaan program CSR atau TJSL PT Semen Padang kembali mendapat pengakuan di tingkat nasional. Kali ini melalui ISDA (Indonesian SDGs Award 2022), PT Semen Padang berhasil meraih dua predikat The Gold Award, dari dua program yang diikutkan pada ajang yang diselenggarakan Corporate Forum For Community Development (CFCD) tersebut.

Pada Malam Anugerah ISDA 2022 yang dilaksanakan di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2022), hadir Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan President of The CSR Company International Martin Neureiter (secara online), Kepala Sekretariat Nasional SDGs Vivi Yulaswati, CFCD Chairman Thendri Supriatno, Ketua Komite CSR CFCD Prof Hardinsyah, para pengurus CFCD dan para pimpinan perusahaan di Indonesia. Sementara itu dari PT Semen Padang yang hadir menerima penghargaan adalah Dirut PT Semen Padang diwakili Kepala Unit CSR/TJSL, Rinold Thamrin dan Staf CSR Roni Putra.

Dua predikat The Gold Award yang diraih PT Semen Padang itu melalui Program Perbaikan Intake Aliran Sungai Lubuk Sariak di Kelurahan Baringin, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang dan Program Konservasi Ikan Bilih di Taman Keanekaragaman Hayati PT Semen Padang dan di Danau Singkarak Nagari Sumpur Tanah Datar.

“Prestasi yang diraih pada ajang ISDA 2022 ini membuktikan bahwa berbagai program CSR yang dilaksanakan Semen Padang selama ini sudah sesuai standar “best practice” yang berlaku di industri dengan mengacu pada ISO 26000 SR, dan mendapat pengakuan dari lembaga berkompeten di bidang CSR,” kata Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis.

Dia menjelaskan, program Perbaikan Intake Aliran Sungai Lubuk Sariak yang meraih predikat The Gold Award merupakan salah satu dari empat pilar strategic flagship pengelolaan CSR/TJSL PT Semen Padang, yakni “Pilar Ekonomi", "Pilar Sosial", "Pilar Lingkungan" dan "Pilar Hukum dan Tata Kelola" yang merupakan dasar pengelolaan program CSR/TJSL Perusahaan sebagai bentuk
kontribusi BUMN pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 9.1. Program ini menurutnya sangat bermanfaat bagi 235 KK terutama dalam pengairan sawah seluas 120 Ha yang dikelola 3 (tiga) kelompok tani dan 15 unit kolam air deras di Kelurahan Baringin.

"Pasca terjadinya banjir bandang tahun 2015 lalu yang merusak intake yang pernah ada sebelumnya, membuat lahan pertanian dan perikanan masyarakat mengalami kekeringan. Namun kini, masyarakat kembali dapat memanfaatkan lahannya tersebut untuk meraih rezeki yang rata-ratanya Rp.10 juta perhektar," ungkap Iskandar.

Ia berharap, melalui program perbaikan intake ini, dapat terus memberikan hasil lainnya bagi warga yang lebih luas, karena intake ini tidak hanya bermanfaat bagi warga di Kelurahan Baringan saja tetapi juga warga Kelurahan Tarantang yang ikut merasakan dampaknya.

Sementara untuk Program Konservasi Ikan Bilih (Mystacoleucus padangensis), merupakan pencapaian TPB 15.5 dengan melakukan tindakan cepat dan signifikan untuk mengurangi degradasi habitat alami, menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati yang pada tahun 2020 sudah masuk dalam kategori hampir punah, dan melindungi dan mencegah lenyapnya spesies yang terancam punah. Ikan bilih sudah mulai terancam punah karena aktifitas pengambilannya yang tidak selektif dengan menggunakan alat tangkap jaring insang dan bagan. Padahal, ikan bilih berperan penting sebagai sumber mata pencaharian masyarakat disekitar Danau Singkarak.

Menurut Kepala Unit CSR PT Semen Padang, Rinold Thamrin, pelaksanaan program ini sudah dimulai sejak tahun 2018 lalu dengan melakukan berbagai penelitian terhadap species dan tempat habitatnya bersama Universitas Bung Hatta. Hingga akhirnya, dibuatlah kawasan konservasi di Taman Kehati PT Semen Padang yang mampu melakukan restocking berkala ikan bilih ke daerah asal di danau Singkarak. Bahkan tidak hanya itu, melalui program TJSL Semen Padang juga membuat resevate area di Nagari Sumpur.

“Di tahun 2022 ini, kita telah melakukan pengembalian sebanyak dua kali ikan bilih dengan jumlah 7000 ekor ke Danau Singkarak di Nagari Sumpur. Bahkan kita juga telah membuat resevate area berupa rumpon untuk perlindungan dan pengembangbiakan ikan ,” kata Rinold.

Menurut Rinold, Semen Padang berupaya terus konsisten dalam pelaksanaan program CSR, dengan semangat “Basinergi Mambangun Nagari” sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar dan menjadi strategi perusahaan agar terus tumbuh dan berkembang bersama lingkungan.

“Terima kasih kepada CFCD yang telah menyelenggarakan award ini, hasil yang kami peroleh pada kesempatan ini akan kami jadikan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan program CSR/TJSL kami kedepan dan sebagai wujud partisipasi tanggung jawab sosial perusahaan kami menuju SDGs 2030,” tambahnya.

Selain mengikuti ajang ISDA 2022, pada tahun ini Semen Padang juga ambil bagian dalam Padmamitra Award 2022 dan TOP CSR 2022.

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin yang hadir secara online mengatakan, sangat mengapresiasi kepada CFCD yang telah menyelenggarakan ISDA 2022. Menurutnya, ajang ini tidak hanya sebagai ajang selebrasi semata namun sebagai bentuk apresiasi dari aksi nyata perusahaan dalam menjalankan program-program yang berdampak langsung terhadap lingkungan.

Sementara itu, CFCD Chairman Thendri Supriatno mengatakan, penganugerahan ISDA 2022 ini diberikan kepada dunia usaha dan institusi yang menjalankan best practice tercapainya SDGs di Indonesia. Pada tahun ini tercatat sebanyak 103 perusahaan yang tercatat sebagai partisipan. Para peserta yang boleh mengikuti ISDA adalah perusahaan yang telah meraih proper biru, hijau dan gold.

Ads #1
Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters