Topik Pilihan: Walau Pandemi, Penumpang KAI Sumatera Barat Naik 27 Persen

Minggu, 26 September 2021 pada 07:17

Penumpang kereta api di Sumatera Barat di masa Libur Natal dan tahun baru mengalami peningkatan hingga mencapai 27 persen. Pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru dari tanggal 18 Desember 2020, PT KAI Divre II telah mengangkut lebih dari 16 ribu penumpang. Volume penumpang tertinggi terjadi pada tanggal 23 Desember 2020 atau naik 27 persen dengan kisaran 2 ribuan penumpang. Di banding hari-hari sebelumnya, hanya ribuan penumpang per hari. Kepala Humas PT KAI Divre II Sumatera Barat, Ujang Rusen Permana mengatakan masa Angkutan Natal dan Tahun Baru dimulai dari tanggal 18 Desember 2020 sampai 06 Januari 2021. 

Di masa liburan akhir tahun ini, Divre II mengoperasikan 8 perjalanan KA Lokal Sibinuang, PP relasi Padang - Pariaman - Naras. Selama Natal dan Tahun Baru, Divre II menambah satu kereta pada KA Lokal Sibinuang II menjadi 5 kereta. Sehingga total tempat duduk yang disediakan dengan kapasitas 70% adalah 2.316 TD per hari. Berkaitan dengan adanya aturan terbaru tentang rapid test antigen, pada masa pandemi penumpang KA di Divre II tidak wajib untuk melakukan rapid test antigen. Aturan tersebut berlaku hanya untuk penumpang KA Jarak Jauh.

Namun demikian,  semua penumpang kereta di Divre II tetap harus mematuhi protokol kesehatan yaitu kewajiban memakai masker, suhu tubuh tidak lebih dari 37.3 derajat celsius dan harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk dan demam). Untuk mendukung penerapan 3M, di stasiun disediakan wastafel portabel serta pengaturan jarak di area tunggu penumpang dan di dalam kereta. Kapasitas angkut kereta pun dibatasi maksimal 70%.

Rewriter: Faryz Ardhana | Produser: Dara Rinjani (Zulia Yandani)

Selengkapnya di:

Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters