Classy Corp akan bermain bersama siswa SLB N 2 Padang

Selasa, 24 September 2019 pada 03:59

SLB Negeri 2 di Padang Sarai Lubuk Buaya menjadi pilihan tempat peringatan HUT ke 17 Classy FM tahun ini. Sebagai radio yang konsisten terhadap kesiapsiagaan bencana, Classy FM akan mengadakan Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa dan Tsunami di sekolah tersebut, pada Selasa 21 Maret 2017 mendatang. Menurut Direktur Operasional PT Radio Gema Karang Putih Dedi M Sidik, SLB N 2 dipilih dengan pertimbangan sekolah tersebut sangat dekat dari bibir pantai, sehingga memiliki risiko dampak bencana tsunami yang cukup tinggi.

“ SLB N 2 berjarak hanya 1 kilometer dari bibir pantai, sehingga mereka menjadi kelompok masyarakat yang sangat rentan terhadap risiko bencana, “ jelasnya.

Pertimbangan lain adalah siswa siswi SLB adalah anak-anak berkebutuhan khusus, sehingga diperlukan latihan yang berulang-ulang agar mereka lebih terlatih dalam upaya penyelamatan diri jika potensi bahaya terjadi. Syukurnya, sekolah ini sudah memiliki Standar Operating Procedure (SOP) kebencanaan sehingga kegiatan simulasi nantinya diharapkan berjalan efektif.

“ SLB ini sudah punya SOP Kebencanaan, tetapi memang belum sempurna dan perlu dievaluasi agar lebih efektif nantinya,” ujar Dedi.

Untuk pelaksanaan simulasi nantinya, Classy FM bekerjasama dengan PT Semen Padang yang juga memiliki komitmen yang sama di bidang kesiapsiagaan bencana. Simulasi akan dimulai dengan memberikan edukasi tentang kebencanaan dan pengurangan risiko bencana, latihan penyelamatan diri, simulasi evakuasi korban dari Tempat Evakuasi Sementara (TES) yang ada di SLB, hingga latihan pertolongan pertama di kondisi darurat di bidang medis.

“ Pelaksanaannya dipandu oleh BPBD kota Padang, Kogami dan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang, dengan pesertanya siswa siswi SLB, majelis guru, orangtua siswa dan masyarakat yang tinggal di lingkungan sekitar sekolah,” rincinya.

Diperkirakan, sekitar 250 peserta akan mengikuti kegiatan ini, yang dimulai dari tanggal 20 hingga 21 Maret 2017 mendatang. Lebih lanjut Dedi menjelaskan, kegiatan simulasi sendiri dipilih, sebagai bagian dari komitmen Classy FM dan PT Semen Padang dalam mendukung program Sekolah Cerdas Bencana yang digagas oleh BPBD kota Padang.

Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters