Ibu Profesional: Family Project dan Kecerdasan Anak

Minggu, 19 Mei 2019 pada 05:37

Classy People, setiap Selasa pagi selalu ada program Ibu Profesional untuk menemani pagi Anda berbicara pola pengasuh yang baik untuk anak. Hari ini, 12 Maret 2019 kita melanjutkan topik minggu lalu yakni “Family Project dan Kecerdasan Anak” bersama narasumber Miss Yuli.

Dalam melakukan family project, seharusnya tidak hanya fokus pada project yang dilakukan, namun juga apa pengaruhnya terhadap kecerdasan anak. Kira kira apa saja kecerdasan yang dimiliki anak dan apa pengaruh family project terhadap kecerdasan tersebut?

Ada empat kecerdasan dalam family project, yaitu:

1.   Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan ini merupakan kecerdasan dalam menghadapi value (nilai). Apakah anak bisa mengenal ciptaan Allah dan semakin mencintai makhluk ciptaan Allah selama menjalankan family project.

2.   Kecerdasan Intelektual

Dengan adanya family project, maka anak akan terlibat langsung sehingga akan merangsang daya imajinasi dan kreatifitasnya. Orangtua harus memberi apresiasi, sekalipun memberi evaluasi sebaiknya Orangtua melakukannya dengan cara mengapresiasi.

3.   Kecerdasan Emosional

Ketika rasa tanggung jawab anak tidak muncul, adalah tugas Orangtua untuk menumbuhkannya. Ketika rasa tanggung jawab muncul, maka empatinya pun juga akan tumbuh.

4.   Kecerdasan dalam Menghadapi Tantangan

Ketika harapan tidak sesuai dengan realitas yang terjadi dalam melaksanakan family project, nanti akan terlihat bagaimana sikap anak. Dan tugas orangtua untuk mengarahkan bahwa proses adalah urusan manusia, namun untuk hasil itu urusan Allah SWT.

 

(rewrite : Wici Elvinda Rahmaddina)

Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters