Kata Kaje: Keamanan Kota Padang

Kamis, 29 Oktober 2020 pada 02:54

Classy People, Kata Kaje adalah program Classy FM bersama salah satu tokoh jurnalistik Sumatera Barat yakni Khairul Jasmi alias Kaje. Ia adalah jurnalis senior yang telah berkecimbuh di jurnalistik selama 30 tahun. Kali ini dalam Kata Kaje membahas tentang Keamanan Kota Padang, Kamis 27 Februari 2020.

Keamanan Kota Padang akhir-akhir ini menjadi sorotan, setelah banyaknya rentetan kejahatan yang terjadi di Kota Padang. Menurut Kapolresta Padang Kombes Pol - Yulmar Tri Himawan, kasus pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, dan pencurian kendaraan bermotor, atau biasa disebut tindak pidana 3C masih mendominasi di Kota Padang. Kebanyakan dari pelaku yang berhasil ditangkap merupakan pemain lama alias residivis yang sudah berulang kali masuk bui. Untuk membuat masyarakat tidak resah dengan aksi para pelaku kejahatan, pihaknya akan terus melakukan berbagai cara, salah satunya rutin menggelar patroli dan menindak tegas pelaku kejahatan.

Kasus pencurian kendaraan bermotor merupakan kasus pidana yang menonjol di Kota Padang. Selama Januari 2020 saja Polresta Padang telah meringkus 51 tersangka dari 31 kasus pencurian kendaraan bermotor. Jika melihat data pada 2019, kasus tersebut juga merupakan angka kejahatan paling tinggi dengan jumlah 1.116 kasus. Baru kemudian diikuti empat kasus lainnya yaitu pencurian dengan pemberatan sebanyak 896 kasus, narkoba sebanyak 233 kasus, penipuan 190 kasus, dan pencurian dengan kekerasan sebanyak 172 kasus.

(rewrite : Wici Elvinda Rahmaddina)

Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters