Parenting Today: Pengaruh Musik pada Tumbuh Kembang Anak

Jumat, 06 Desember 2019 pada 04:07

Hari ini, Selasa (6 Maret 2018) dalam Program Parenting Today membahas tentang Pengaruh Musik pada Tumbuh Kembang Anak bersama Psikolog Anak Septi Mayang Sarry, Mpsi. Psi..
Pernahkah Anda mendengar tentang penelitian Profesor Masaru Emoto yang memperlihatkan bentuk molekul indah air saat diperdengarkan musik klasik? Ternyata tidak hanya air, musik klasik juga sangat bermanfaat bagi kecerdasaan dan tumbuh kembang anak.
Musik adalah bahasa yang universal. Pada manusia, indra pendengaran berkembang lebih dahulu dibandingkan indra penglihatan. Anak sudah bisa mendengarkan musik atau bunyi-bunyian lain saat di dalam kandungan. Saat bayi, anak suka dengan bunyi-bunyian, meski belum bisa memahami kata-kata. Musik sangat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak, yaitu merangsang memori atau ingatan dari anak. Biasanya anak TK menghafal dengan menggunakan musik. Selain itu, musik juga membantu dalam perkembangan bahasa pada anak. Orangtua dapat mengajarkan anak kosakata melalui musik. Musik juga berkaitan dengan jiwa seseorang. Orangtua seringkali mengantarkan anak tidur dengan musik. Musik ini juga berhubungan erat dengan emosi dan motivasi. Untuk itu, anak-anak sebaiknya mendengarkan musik yang ceria, menenangkan, dan menggunakan lirik yang baik. Orangtua diharapkan menghindari anaknya mendengarkan musik yang keras dengan lirik yang tidak baik.
Musik mempengaruhi tumbuh kembang anak karena mengandung emosi dan motivasi. Sebagai orangtua yang bijak tentu diharapkan bisa memilah dan memilih musik yang tepat sesuai umur anak.


(rewrite : Wici Elvinda Rahmaddina)

Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters