Semen Padang Salurkan Bantuan Insidentil SIG Sebesar Rp550 Juta untuk Masyarakat Sumatera Barat

Selasa, 26 Januari 2021 pada 07:20

PADANG (14/12/2020) - Semen Indonesia Group (SIG) melalui PT Semen Padang menyerahkan bantuan program sosial masyarakat sebesar Rp550 juta untuk beberapa daerah di Provinsi Sumbar, yaitu Kota Padang, Agam, Solok Selatan, Sijunjung, Padang Panjang dan Tanah Datar.

Penyerahan bantuan insidentil tahap 6 tahun 2020 itu dilaksanakan Tim CSR Semen Padang selama dua hari, Senin (14/12/2020) hingga Selasa (15/12/2020).

Untuk Kota Padang, direalisasikan untuk pembangunan sarana pendidikan Yayasan Shine Al-Falah. Jumlah bantuannya, sebesar Rp75 juta. Kemudian untuk pemasangan Lantai granit dan instalasi listrik Masjid Raya Baiturahmah, Komplek Andalas Makmur dengan bantuan yang diberikan SIG sebesar Rp75 juta, dan untuk renovasi sarana ibadah Mushalla Wustha Muhammadiyah dengan besaran bantuan Rp50 juta.

Kemudian di Kabupaten Sijunjung dengan besaran bantuan Rp100 juta, diserahkan untuk pembangunan Rumah Gadang Bagindo Maharajo Indo Rajo Ibadat yang berada di Jorong Jambu Lipo, Nagari Lubuk Tarok, Kecamatan Lubuk Tarok.

Di Kabupaten Agam, bantuan sebesar Rp50 juta, disalurkan untuk pembangunan Mushalla Ar Royan Bandar Nunang, Jorong Labuah Sungai Batang. Di Solok Selatan sebesar Rp50 juta, disalurkan untuk pembangunan Masjid Raya Baitul Hikmah, Jorong Durian Tarung, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir.

Kemudian di Padang Panjang, bantuan dari SIG itu digunakan untuk renovasi Masjid Misbahul Ulum. Besaran bantuannya, Rp100 juta. Sedangkan di Tanah Datar, bantuan sebesar Rp50 juta direalisasikan untuk pembangunan Masjid Nurul Jami Patai.

Kepala Seksi Program Bina Lingkungan CSR PT Semen Padang, Masykur Rauf mengatakan, sebelum dilakukan penyaluran, lokasi penerima manfaat tersebut disurvei terlebih dahulu oleh Semen Indonesia melalui CSR PT Semen Padang. Hal ini menurutnya, agar bantuan tersebut tepat sasaran dan sesuai dengan yang diharapkan.

Dari hasil survey yang telah dilakukan, maka Semen Padang meneruskan rekomendasinya ke pihak Semen Indonesia untuk proses penyaluran bantuan. Menurutnya, kegiatan tersebut sudah dilakukan beberapa waktu lalu, dengan menurunkan dua tim CSR Semen Padang sebagai perwakilan Semen Indonesia di Sumatera Barat.

Kepala Unit CSR Semen Padang, M.Ikrar mengatakan, bantuan yang disalurkan oleh Semen Indonesia tersebut, merupakan bentuk kepedulian CSR perusahaan dalam menyukseskan program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN). Program ini juga salah satu aspirasi yang dihimpun oleh Anggota DPR RI Dapil Sumbar, Andre Rosiade.

"Sebelumnya kami mendapatkan amanah dari Semen Indonesia untuk melakukan penyaluran bantuan dari reses yang dilakukan oleh Anggota DPR RI Dapil Sumbar. Namun, kita tidak serta merta melakukan penyaluran bantuan, tapi melakukan survey terlebih dahulu kepada penerima manfaat," sebutnya.

Ia berharap, bantuan yang disalurkan tersebut, benar-benar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat banyak. Apalagi menurutnya, salah satu peran dari BUMN ditengah masyarakat, adalah ikut berpartisipasi dalam berbagai program yang dapat dirasakan oleh masyarakat banyak.

"Ini adalah salah satu bukti hadirnya BUMN ditengah masyarakat. Manfaat bantuan yang kami berikan, benar-benar dapat dirasakan oleh orang banyak tidak hanya satu atau dua orang saja," tambah M. Ikrar.

Ia berpesan lepada masyarakat, untuk dapat selalu mendukung dalam perkembangan Semen Indonesia, dengan selalu mempergunakan produk-produknya. Khusus untuk Sumatera Barat dan Sumatera, senantiasa menggunakan produk Semen Padang.

Bantuan Semen Indonesia Berkah Bagi Masyarakat

Masyakarat penerima bantuan dari Semen Indonesia merasa senang dan bahagia. Salah satunya adalah masyarakat di daerah Jambu Lipo Nagari Lubuk Tarok Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung. Pasca kebakaran yang melanda rumah gadang mereka pada 22 September 2019 lalu, hingga kini masih belum dibangun karena terkendala biaya.

Mamak Kaum Kerjaan Jambu Lipo, Sultani Bagindo Maharajo Indo Rajo Ibadat Jambu Lipo merasa bersyukur dan berterimakasih, atas bantuan dari Semen Indonesia. Menurutnya, bantuan tersebut akan langsung dipergunakan, untuk pembangunan rumah gadang yang telah habis terbakar.

"Alhamdulillah permohonan kami untuk pembangunan kembali rumah gadang dikabulkan oleh Semen Indonesia. Bantuan ini sangat berguna bagi kami, karena selama ini kendala yang kami hadapi adalah untuk biaya pembangunan," sebut Rajo Ibadat Jambu Lipo tersebut.

Ia berharap, Semen Indonesia sebagai perusahaan milik negara, dapat terus berjaya dan dapat terus memberikan berkah kepada masyarakat. Menurutnya, dengan penjualan Semen Indonesia terutama produknya yang ada di Sumatera Barat yaitu Semen Padang, dapat selalu menjadi pilihan masyarakat dalam setia pembangunan.

Ia pun selalu mengajak masyarakat sekitar, untuk selalu menggunakan produk Semen Padang, agar keuntungannya kelak juga dapat kembali dirasakan oleh masyarakat.

"Kami selaku mamak kaum, selalu mengajak masyarakat agar terus mendukung berkembangnya Semen Indonesia, dengan selalu menggunakan produk Semen Padang," ujarnya.

Ketua Pengurus Masjid Raya Baitul Hikmah Jorong Durian Tarung Nagari Lubuk Gadang Kec. Sangir Kab. Solok Selatan, Isril Yani mengatakan, bantuan yang diterima dari Semen Indonesia ini adalah bantuan pertama terbesar yang mereka terima dari donatur. Sejak pembangunan pertama tahun 1884 dan renovasi tahun 2012 menurutnya, Masjid tersebut hanya mendapatkan bantuan-bantuan dari masyarakat sekitar.

"Bantuan yang kami terima dari Semen Indonesia ini, adalah bantuan terbesar pertama. Sebelumnya, Masjid ini hanya dibantu oleh donatur-donatur sekitar. Hal ini membuat kami sangat senang dan dapat melanjutkan renovasi Masjid secepatnya," ungkap Isril yang didampingi pengurus Masjid lainnya.

Ia menambahkan, keberadaan Masjid ini sangat besar artinya bagi masyarakat. Selain menjadi tempat ibadah yang membanggakan daerah Solok Selatan, Masjid ini juga digunakan sebagai menuntut ilmu agama karena juga dilengkapi fasilitas MDA.

"Masjid ini adalah kebanggaan masyarakat Solok Selatan khususnya di daerah Sangir. Untuk itu kami juga berharap, Semen Padang yang merupakan produk dari Semen Indonesia, akan menjadi pilihan satu-satunya warga Solok Selatan yang membanggakan seperti keberadaan Masjid ini," tutupnya.(*)

Weekly Programs
Program Jam
The Broadcasters