Strategi Pengawasan Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Kota Padang
PDF Print E-mail

Rabu, 20 Juni 2012 | Padang. Menurunnya Grafik nilai hasil Ujian Nasional SD kota Padang tahun ini membuat Dinas pendidikan kota padang harus menerapkan strategi baru dalam peningkatan nilai tersebut.

Tahun ini nilai rata –rata kelulusan siswa SD kota padang berada pada peringkat 11, padahal pada  tahun sebelumnya kota padang berada  pada peringkat 9.

Kabid Tk, SD dinas pendidikan kota padang MUSDEK mengatakan, dalam upaya meningkatkan standar nilai siswa SD dinas akan menerapkan strategi baru terdiri dari 3 komponen pembelajaran bagi siswa yakni pengawas sekolah, harus berada disekolah selama jam pembelajaran berlangsung. Serta Adanya pelaksanaan supervisi secara rutin oleh kepala sekolah.

Lebih lanjut musdek menambahkan untuk memenuhi komponen tersebut para -guru sebagai tenaga pengajar harus kreatif dalam mengajar sehingga dapat meningkatkan semangat belajar.

Musdek menjelaskan, saat ini dinas Pendidikan  kota padang akan terus berupaya meningktkan  mutu pendidikan SD karena usia SD merupakan usia generasi emas. Menurutnya usia emas ini benar-benar l ditujukan utk menggali potensi, menumbuhkembangkan intelektual dan  sikap kepribadian. Oleh karena itu nantinya suasana sekolah akan dibuat sesantai mungkin, tidak penuh tekanan dengan harapan dapat membuat peserta didik tidak stres dalam belajar, serta bisa mempengaruhi standar mutu kelulusan kedepannya. Musdek mengakui strategi ini akan berjalan lancar jika didukung oleh semua komponen terkait, termasuk orangtua siswa.(NH)

 

 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
pupupu