26 Koruptor Sumbar Dapat Remisi Umum di Hari Kemerdekaan
PDF Print E-mail
Jum'at, 17 Agustus 2012 | Padang. 1.394 warga binaan pemasyarakatan se-Sumbar, hari ini mendapatkan remisi dari Kementrian Hukum dan Ham, dalam memperingati HUT Ke-67 RI. Dari jumlah tersebut, 26 orang diantaranya merupakan narapidana kasus korupsi yang terjadi di Sumbar. Bahkan nama mantan wakil bupati Agam, Umar, termasuk dalam nama yang mendapatkan remisi umum, dan akan mendapatkan pemotongan masa tahanan selama 2 bulan.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, bahwa para koruptor itu sama haknya dengan para terpidana lainnya. Sehingga menurutnya, jika narapidana itu berprilaku baik, apa pun kesalahannya dapat diberikan remisi.


Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkum HAM Sumbar, Sumarni Alam mengatakan, pertimbangan memberikan remisi kepada para narapidana koruptor ini adalah, berdasarkan UU No.2 Thn 1995 tentang Pemasyarakatan, dan PP 28 Tahun 2006 pasal 34 ayat (3). Menurutnya, jika remisi ini tidak diberikan, ia takut hal ini akan dikategorikan melawan HAM.


Selain ada yang mendapatkan remisi pengurangan hukuman, Sumarni juga mengatakan, Kemenkum HAM juga memberikan remisi langsung bebas kepada 32 orang narapidana di Sumbar, dimana 10 orang diantaranya merupakan narapidana dari LP Muaro Padang.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
pupupu