Bantuan Gempa 2009, Akan di Cairkan Dari Dana APBD Sumbar 2014
PDF Print E-mail
Kamis, 15 November 2012 | Padang. Dari sejumlah Kab/Kota di Sumatera Barat yang terkena dampak gempa 2009 lalu, Kota Padang masih menjadi daerah yang mengalami masalah dalam penyaluran bantuan gempa. Hal ini terlihat, dari aksi-aksi demonstrasi warga, yang hingga kini masih terus terjadi di Kota Padang. Sedangkan di daerah lain, sangat jarang terdengar kekisruhan masalah bantuan gempa tersebut.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, Suwirpen mengatakan, saat ini dari laporan warga, masih ada sekitar 14 ribu warga Padang, yang belum mendapatkan bantuan gempa. Menurutnya, untuk tahun 2013 dana bantuan gempa sudah di alokasikan oleh BNPB untuk korban yang terdata sebelumnya. Namun Ia mengatakan, jika masih banyak warga yang belum mendapatkan bantuan gempa, maka DPRD Sumbar akan mencoba mencarikan jalan keluar, termasuk dengan mengambilkan dari anggaran APBD Sumbar. Menurutnya, dana APBD Sumbar yang bisa di alokasikan untuk bantuan korban gempa 2009, hanya APBD tahun 2014, karena untuk APBD 2013, tidak ada di alokasikan dana bantuan tersebut.

Anggota DPRD Sumbar dari Komisi IV ini juga menambahkan, bahwa yang saat ini terpenting adalah, pembuktian dari warga, apa benar mereka merupakan korban gempa 2009, dan belum pernah mendapatkan bantuan. Namun menurutnya, jika hal ini hanya sebatas keterangan saja, maka hal ini tidak dapat di tindak lanjuti.

Suwirpen juga mengatakan, dari hari hasil pemantauan DPRD Sumbar kelapangan selama ini, memang ada terlihat kejanggalan dalam pendataan korban gempa 2009. Untuk itu menurutnya, DPRD Sumbar akan melakukan konsultasi dengan PJOK dan Pemerintah setempat, untuk mencarikan solusi bagi korban gempa 2009 yang belum mendapatkan bantuan.(RNS)
 
Untuk dapat mendengarkan radio ini anda harus menginstall flash player klik disini untuk download
pupupu